Bussiness Intelligence
/ Intelijen Bisnis

Istilah
Bussiness Intellegence bisa didefinisikan menjadi seperangkat metodologi,
proses, arsitektur, dan teknologi yang mengubah data mentah menjadi informasi
yang bermakna dan berguna untuk memungkinkan wawasan strategis yang lebih
efektif, taktis, operasional dalam pengambilan keputusan.
Bussiness
Intellegence dapat diterapkan untuk tujuan bisnis dalam rangka mendorong nilai
bisnis, yaitu sebagai berikut :
1.
Pengukuran, program yang mampu menciptakan hirarki metrik kinerja dan
benchmarking yang menginformasikan pemimpin bisnis tentang kemajuan menuju
tujuan bisnis.
2.
Analytics, program yang mampu membangun proses kuantitatif untuk bisnis agar
sampai pada keputusan yang optimal dan untuk melakukan bisnis penemuan
pengetahuan.
3.
Pelaporan, program yang mampu membangun infrastruktur untuk pelaporan strategis
guna melayani manajemen strategis bisnis, bukan pelaporan operasional.
4.
Kolaborasi/Platform, program yang mampu mendapat area yang berbeda baik didalam
maupun diluar bisnis untuk bekerjasama melalui berbagai data dan pertukaran
data elektronik.
5.
Pengetahuan Manajemen, program yang mampu membuat data perusahaan didorong
melalui strategi dan praktek uintuk
mengidentifikasi, menciptakan, merepresentasikan, mendistribusikan.
Manfaat Intelijen Bisnis bagi Usaha Kecil
Sistem intelijen bisnis bisa butuh banyak biaya dan menghabiskan
waktu. Jadi apa manfaat melakukannya?
Suatu laporan tahun
2014 oleh Dresner Advisory Services menemukan bahwa alasan
utama perusahaan-perusahaan kecil menggunakan intelijen bisnis adalah untuk
"pembuatan keputusan yang lebih baik". Alasan-alasan lainnya
termasuk:
- pertumbuhan
penghasilan
- meningkatkan
keunggulan kompetitif
- meningkatkan
efisiensi operasional
- meningkatkan
layanan pelanggan
Kebanyakan
perusahaan sudah melakukan analisis data, tetapi seringkali dalam bentuk
mempelajari beberapa spreadsheet di Microsoft Excel prosesnya bisa menghabiskan
banyak waktu, dan hasilnya tidak selalu seperti yang Anda cari. Excel cukup
hebat dalam melakukan banyak hal, tetapi terkadang Anda membutuhkan alat lain
untuk memecahkan masalah yang berbeda.
"Apabila
dilakukan dengan benar, analisis bisa memberikan wawasan terhadap analisis tren
yang jika tidak dilakukan maka tidak akan terlihat," kata Dan Linstedt,
presiden Empowered Holdings di Saint Albans, Vermont, di artikel Inc
Magazine.
Jadi bagaimana perusahaan-perusahaan tersebut menggunakan
intelijen bisnis saat ini?
Untuk Meningkatkan Penjualan
Tentu saja para pelanggan adalah
darah kehidupan bagi bisnis apa saja dan sistem intelijen bisnis bisa membantu
Anda memahami mereka dengan lebih baik.
Hasilnya:
- Lebih banyak
pelanggan yang tertarik
- Adanya
peningkatan konversi
- Peningkatan
yang signifikan dalam laju konversi anggota baru
Untuk Mengontrol Inventaris
Mengontrol inventaris adalah cara
yang penting untuk membuat bisnis Anda lebih efisien, meningkatkan arus kas dan
keuntungan. Sistem intelijen bisnis bisa membantu Anda melakukannya.
Untuk Menganalisis Traffic Web
Sejumlah sistem intelijen bisnis
bersifat sederhana dan terkenal, dan mungkin Anda sudah menggunakannya.
Google menawarkan banyak analisis
untuk pengunjung website Anda melalui layanan gratis seperti Google Analytics
dan Webmaster Tools, dan meluangkan waktu untuk menggunakannya secara efektif
dapat membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan dan mengoptimasi website
Anda untuk mendorong mereka agar membeli.
Comments
Post a Comment