Skip to main content

Business Intelligence / Intelijen Bisnis


Bussiness Intelligence / Intelijen Bisnis
                 
business-intelligence1.gifSeringkali kita mendengar istilah Intelijen Bisnis atau lebih terkenal dengan Bussiness Intelligence. Apa itu Intelijen Bisnis ? Intelijen Bisnis adalah pengolahan data yang khusus untuk informasi bisnis. Intelijen Bisnis dapat menangani sejumlah besar informasi untuk membantu mengidentifikasikan dan mengembangkan peluang baru dalam dunia bisnis. Fungsi umum dari teknologi Intelijen Bisnis adalah melaporkan, pengolahan analisis online, data mining, pengolahan informasi kompleks, bisnis manajemen kinerja, analisis preskriptif.

Istilah Bussiness Intellegence bisa didefinisikan menjadi seperangkat metodologi, proses, arsitektur, dan teknologi yang mengubah data mentah menjadi informasi yang bermakna dan berguna untuk memungkinkan wawasan strategis yang lebih efektif, taktis, operasional dalam pengambilan keputusan.

Bussiness Intellegence dapat diterapkan untuk tujuan bisnis dalam rangka mendorong nilai bisnis, yaitu sebagai berikut :
1. Pengukuran, program yang mampu menciptakan hirarki metrik kinerja dan benchmarking yang menginformasikan pemimpin bisnis tentang kemajuan menuju tujuan bisnis.

2. Analytics, program yang mampu membangun proses kuantitatif untuk bisnis agar sampai pada keputusan yang optimal dan untuk melakukan bisnis penemuan pengetahuan.

3. Pelaporan, program yang mampu membangun infrastruktur untuk pelaporan strategis guna melayani manajemen strategis bisnis, bukan pelaporan operasional.

4. Kolaborasi/Platform, program yang mampu mendapat area yang berbeda baik didalam maupun diluar bisnis untuk bekerjasama melalui berbagai data dan pertukaran data elektronik.

5. Pengetahuan Manajemen, program yang mampu membuat data perusahaan didorong melalui strategi dan praktek  uintuk mengidentifikasi, menciptakan, merepresentasikan, mendistribusikan.

Manfaat Intelijen Bisnis bagi Usaha Kecil
Sistem intelijen bisnis bisa butuh banyak biaya dan menghabiskan waktu. Jadi apa manfaat melakukannya?
Suatu laporan tahun 2014 oleh Dresner Advisory Services menemukan bahwa alasan utama perusahaan-perusahaan kecil menggunakan intelijen bisnis adalah untuk "pembuatan keputusan yang lebih baik". Alasan-alasan lainnya termasuk:
  • pertumbuhan penghasilan
  • meningkatkan keunggulan kompetitif
  • meningkatkan efisiensi operasional
  • meningkatkan layanan pelanggan
Kebanyakan perusahaan sudah melakukan analisis data, tetapi seringkali dalam bentuk mempelajari beberapa spreadsheet di Microsoft Excel prosesnya bisa menghabiskan banyak waktu, dan hasilnya tidak selalu seperti yang Anda cari. Excel cukup hebat dalam melakukan banyak hal, tetapi terkadang Anda membutuhkan alat lain untuk memecahkan masalah yang berbeda.
"Apabila dilakukan dengan benar, analisis bisa memberikan wawasan terhadap analisis tren yang jika tidak dilakukan maka tidak akan terlihat," kata Dan Linstedt, presiden Empowered Holdings di Saint Albans, Vermont, di artikel Inc Magazine.
Jadi bagaimana perusahaan-perusahaan tersebut menggunakan intelijen bisnis saat ini?

Untuk Meningkatkan Penjualan

Tentu saja para pelanggan adalah darah kehidupan bagi bisnis apa saja dan sistem intelijen bisnis bisa membantu Anda memahami mereka dengan lebih baik.
Hasilnya:
  • Lebih banyak pelanggan yang tertarik
  • Adanya peningkatan konversi
  • Peningkatan yang signifikan dalam laju konversi anggota baru
Untuk Mengontrol Inventaris
Mengontrol inventaris adalah cara yang penting untuk membuat bisnis Anda lebih efisien, meningkatkan arus kas dan keuntungan. Sistem intelijen bisnis bisa membantu Anda melakukannya.

Untuk Menganalisis Traffic Web

Sejumlah sistem intelijen bisnis bersifat sederhana dan terkenal, dan mungkin Anda sudah menggunakannya.
Google menawarkan banyak analisis untuk pengunjung website Anda melalui layanan gratis seperti Google Analytics dan Webmaster Tools, dan meluangkan waktu untuk menggunakannya secara efektif dapat membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan dan mengoptimasi website Anda untuk mendorong mereka agar membeli.

Comments

Popular posts from this blog

Etika, Privasi, Dan Keamanan informasi

Etika, Privasi, dan Keamanan Informasi 1.      Etika Etika adalah cabang ilmu filosofi yang berhubungan dengan berbagai hal yang dianggap benar atau salah.  Etika dimulai bila manusia merefleksikan unsur-unsur etis dalam pendapat-pendapat spontan kita. Kebutuhan akan refleksi itu akan kita rasakan, antara lain karena pendapat etis kita tidak jarang berbeda dengan pendapat orang lain. Untuk itulah diperlukan etika, yaitu untuk mencari tahu apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia. Tidak setiap hal menilai perbuatan dapat dikatakan sebagai etika.Etika memerlukan sikap kritis, metodis, dan sistematis dalam melakukan refleksi.Karena itulah etika merupakan suatu ilmu. Sebagai suatu ilmu, objek dari etika adalah tingkah laku manusia.Akan tetapi berbeda dengan ilmu-ilmu lain yang meneliti juga tingkah laku manusia, etika memiliki sudut pandang normatif. Maksudnya etika melihat dari sudut baik dan buruk terhadap perbuatan manusia. Kode etik adalah ...

Fungsi Editing Pada Microsoft Power Point

Fungsi Editing Pada Microsoft Power Point Editing merupakan bagian terpenting dalam membuat presentasi karena dengan melakukan editing kita dapat membuat presentasi menjadi menarik untuk dilihat. Berikut beberapa editing sederhana yang harus diketahui : 1. Editing Font (Huruf) Untuk melakukan perubahan huruf pada PowerPoint  ·          Kotak Latin text font : untuk memilih jenis huruf. ·          Kotak Font Style : untuk memilih tampilan huruf (biasa, tebal, miring, miring dan tebal). ·            Kotak Size : untuk menentukan ukuran besar huruf. ·          Kotak Font Color : untuk memilih warna huruf. Misalkan kita pilih jenis huruf Bernard MT Condensed, tampilan huruf Regular, besar huruf 54 point, dan warna huruf merah (red). 2. Mengatur Alignment (Perataan text) ·     ...

E-business dan E-commerce

E-business Dan E-commerce E -Business E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi. E-business meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. Penggunaan internet dan teknologi digital lainnya untuk komunikasi,koordinasi,dan manajemen organisasi. Dalam penggunaan e-business, perusahaan perlu untuk membuka data pada sistem informasi mereka agar perusahaan dapat berbagi informasi dengan konsumen, rekan bisnis, dan supplier dan dapat bertransaksi secara elektronik dengan mereka memanfaatkan  internet   Kesamaan dari setiap definisi yang diketahui dapat kita lihat dari beberapa sudut pandang, y...