E-business
Dan E-commerce
E-Business
E-business
adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti
perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan
data yang telah terkomputerisasi.
perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan
data yang telah terkomputerisasi.
E-business meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan
teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar
organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. Penggunaan internet dan
teknologi digital lainnya untuk komunikasi,koordinasi,dan manajemen organisasi.
Dalam penggunaan e-business, perusahaan perlu untuk
membuka data pada sistem informasi mereka agar perusahaan dapat berbagi informasi
dengan konsumen, rekan bisnis, dan supplier dan dapat bertransaksi secara elektronik
dengan mereka memanfaatkan internet
membuka data pada sistem informasi mereka agar perusahaan dapat berbagi informasi
dengan konsumen, rekan bisnis, dan supplier dan dapat bertransaksi secara elektronik
dengan mereka memanfaatkan internet
Kesamaan dari setiap
definisi yang diketahui dapat kita lihat dari
beberapa sudut pandang, yaitu pelaku e-business, alat atau media atau sumber daya yang
digunakan, objek atau kegiatan yang menjadi sasaran, tujuannya, dan keuntungan yang
diberikan. Hasilnya sebagai berikut:
beberapa sudut pandang, yaitu pelaku e-business, alat atau media atau sumber daya yang
digunakan, objek atau kegiatan yang menjadi sasaran, tujuannya, dan keuntungan yang
diberikan. Hasilnya sebagai berikut:
•Pelaku E-Business
‐ Organisasi, konsumen, perusahaan, supllier, pekerja, rekan bisnis
‐ Organisasi, konsumen, perusahaan, supllier, pekerja, rekan bisnis
•Alat/Media/Sumber
Daya yang Digunakan
‐Teknologi informasi dan komunikasi
‐Komputer, data yang telah terkomputerisasi internet
‐Teknologi informasi dan komunikasi
‐Komputer, data yang telah terkomputerisasi internet
•Kegiatan Sasaran
‐Kegiatan bisnis
‐Proses bisnis utama
‐Pembelian, penjualan,pelayanan, transaksi
‐Operasi bisnis utama
‐Kegiatan bisnis
‐Proses bisnis utama
‐Pembelian, penjualan,pelayanan, transaksi
‐Operasi bisnis utama
•Tujuan
‐Koordinasi, Komunikasi, dan Pengelolaan organisasi
‐Transformasi proses bisnis
‐ Sharing informasi
‐Koordinasi, Komunikasi, dan Pengelolaan organisasi
‐Transformasi proses bisnis
‐ Sharing informasi
•Keuntungan
–Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
–Memberikan nilai bisnis yang berbeda
–Efisien
– Peningkatan produktivitas dan keutungan
–Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
–Memberikan nilai bisnis yang berbeda
–Efisien
– Peningkatan produktivitas dan keutungan
Dengan demikian,
maka akan dengan mudah mendefinisikan e-bisnis dalam satu arti utuh, yaitu:
Contoh: Harian
Kompas yang juga memiliki e-bisnis Kompas Online. Kompas menjalankan proses
bisnis utamanya berupa penyediaan berita dan distribusinya, tidak lagi hanya
melalui
media cetak saja tetapi juga melalui internet. Keutungan yang dapat diberikan Kompas online dapat diakses oleh seluruh penduduk di Indonesia (bahkan dunia), up to date, memangkas biaya kertas, dapat diakses 24 jam, dll.
media cetak saja tetapi juga melalui internet. Keutungan yang dapat diberikan Kompas online dapat diakses oleh seluruh penduduk di Indonesia (bahkan dunia), up to date, memangkas biaya kertas, dapat diakses 24 jam, dll.
E-Commerce
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri
teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan
penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial,
seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management),
e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan
transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik
(electronic data interchange /EDI), dll.
E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat
pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di
suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik
menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang
lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat
non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar
US pada tahun 2011.
Dalam banyak
kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan
kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman
yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik,
jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa
faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan
jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah
3.Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4.Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5.Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6.Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.7.Mempermudah kegiatan perdagangan
6.Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.7.Mempermudah kegiatan perdagangan
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
*E-mail dan Messaging
*Content Management Systems
*Dokumen, spreadsheet, database
*Akunting dan sistem keuangan
*Informasi pengiriman dan pemesanan
*Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
*Sistem pembayaran domestik dan internasional
*Newsgroup
*On-line Shopping
*Conferencing
*Online Banking
*E-mail dan Messaging
*Content Management Systems
*Dokumen, spreadsheet, database
*Akunting dan sistem keuangan
*Informasi pengiriman dan pemesanan
*Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
*Sistem pembayaran domestik dan internasional
*Newsgroup
*On-line Shopping
*Conferencing
*Online Banking
Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay,
Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia,
bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com,
dll.
Comments
Post a Comment